Rabu, 28 Desember 2016

MAKANAN TRADISIONAL KHAS KLUNGKUNG



Klungkung, Begitu mendengar kata serombotan pikiran pasti langsung tertuju pada Kota Klungkung. Kota yang identik dengan sebutan bumi serombotan. Jenis makanan ini bahkan bisa ditemui hampir di semua desa di Klungkung. Serombotan adalah makanan yang tebuat dari bahan dasar sayur-sayuran yang direbus. Seperti namanya Serombotan merupakan makanan khas yang terdiri dari berbagai sayur–sayuran antara lain kecambah (toge), kacang panjang, bayam, kangkung, buncis, dan terong bulat. Semua jenis sayuran tersebut direbus dengan api sedang hingga matang kecuali terong. Kemudian dipotong pendek untuk mempermudah penyajian. Sayuran yang digunakan untuk membuat serombotan ini juga sangat mudah didapat karena banyak terdapat dipasaran dengan memiliki harga yang cukup terjangkau. Hidangan ini biasanya untuk temannya nasi atau bisa juga ditemani dengan ketipat yang diiris-iris.


Jika selama ini serombotan lebih banyak didominasi oleh sayuran, kini Anda bisa menemukan menu serombotan baru yaitu serombotan kacang. Menu serombotan kacang ini hanya bisa ditemui di Banjar Kayehan Desa Dawan Kaler Klungkung. Dari namanya serombotan kacang tentu didominasi oleh berbagai jenis kacang yang direbus. Jenis-jenis kacang yang biasa dipakai adalah kacang merah, kacang tanah, kacang hitam dan kacang ijo. Berbagai jenis kacang tersebut dikombinasikan dengan sambal kelapa yang menjadi sambel khas dari serombotan. Menu serombotan kacang belum bisa ditemui setiap saat karena hanya tersedia di pagi hari. Cara penjualannya juga cukup unik yaitu dijual keliling dari rumah ke rumah.
Cara Membuat Serombotan Klungkung Khas Bali
A.    Bahan
1.      Kangkung ( 100 gram )
2.      Bayam ( 100 gram )
3.      Kacang Panjang ( 100 gram )
4.      Toge ( 100 gram )
5.      Pare ( 100 gram )
6.      Terong bulat ( 100 gram )
7.      Kacang merah rebus ( 50 gram )
8.      Kacang kedelai rebus ( 50 gram )
9.      Minyak goreng untuk menumis ( 3 sendok makan )
10.  Kelapa parut sangrai ( 200 gram )
11.  Kacang tanah goreng ( 50 gram )

B.     Bumbu
1.      Sambal Kelapa
a.       Bawang putih ( 2 siung )
b.      Cabai merah ( 2 buah )
c.       Cabai rawit ( 3 buah )
d.      Lengkuas ( 1 iris tipis )
e.       Terasi ( 1 sendok teh )
f.       Garam dan penyedap rasa secukupnya

2.      Bumbu Koples
a.       Cabai merah ( 3 buah )
b.      Terasi matang ( 1/2 sendok teh )
c.       Garam dan penyedap rasa secukupnya
d.      Kecap manis ( 1 sendok teh )
e.       Gula pasir ( 1 sendok makan )
f.       Air matang ( 200 ml )
g.      Air jeruk limau ( 1 sendok makan )

C.    Cara Memasak

  •   Potong-potong sayuran, cuci hingga bersih lalu tiriskan. Kemudian rebus masing-masing sayuran kecuali terong. Masing-masing sayuran direbus secara terpisah. 
  • Untuk Sambal Kelapa :
1. Panaskan minyak, tumis bawang putih, cabai merah, cabai rawit dan lengkuas. Untuk terasi di goreng paling akhir.
2. Haluskan bumbu-bumbu yang telah ditumis tadi bersama garam dan penyedap rasa hingga benar-benar halus. Campurkan dengan parutan kelapa sangrai.

  • Untuk Bumbu Koples
Haluskan cabai merah,terasi, garam, penyedap rasa, dan gula pasir hingga benar-benar halus. Campurkan dengan kecap manis, air matang dan air jeruk limau lalu aduk rata.

  • Cara Penyajian
1. Letakkan masing-masing jenis sayuran dan potongan terong dalam piring, lalu beri sambal kelapa di atasnya, dan siram dengan bumbu koples. Taburi kacang tanah dan kacang kedelai rebus di atasnya. 
2.  Hidangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar