Jumat, 30 Desember 2016

PERMAINAN TRADISIONAL

Hallo Geess... hari ini aku ingin berbagi tentang permainan yang dulu pernah aku mainkan waktu SD, permainan ini dulu sangat terkenal dikalangan siswa SD namun sekarang sudah jarang ada anak-anak yang memainkan permainan ini karna teknologi sudah semakin canggih, jadi anak-anak sekarang pada main gadget atau HandPhone. Jadi sekarang aku ingin berbagi tentang permainan dulu yang sering aku mainkan ketika masih SD dan sangat menyenangkan . Dibaca ya .....

Permainan Tradisional Bola Bekel


Yang pertama ada permainan bola bekel. Permainan bola bekel ini permainan yang sangat digemari dan paling ramai di masa aku SD. Dulu waktu aku masih SD bela-belain ke pantai cuma untuk nyari batu kecil-kecil yang halus untuk permainan ini. Bola bekelnya juga mudah didapat di warung atau kantin sekolah, jika sudah kehabisan bola bekel aku sering menggunakan kelereng sebagai penganti bola bekel. Cara memainkannya butuh keahlian dan harus dicoba beberapa kali agar bisa, karena permainan ini tidak semudah yang dibayangkan.
Ada beberapa benda yang perlu disiapkan untuk memainkannya, yang pertama bola bekel yang bentuknya bola kecil, biasanya di dalam bola diisi air atau juga bisa menggunaka kelereng ya. Dan ada enam biji yang disebut bekel atau batu kecil-kecil juga bisa dipakai kok. Permainan ini ada beberapa step, mulai dari step mengambil satu biji bekel sampai enam bekel.
Lalu membalik biji bekel yang lain dan biji membentur lambang laguk , dan dimulai dari mengambil satu biji sampai enam biji. Lanjut lagi dengan membalik kearah sebaliknya dan sama prosesnya, mengambil dari satu biji sampai enam biji. Jika step sudah selesai, dilanjut dengan membalik lagi biji bekel yang ada tanda titiknya. Sama seperti yang tadi dilakukan secara berurutan mulai dari mengambil satu biji hingga enam biji. Setelah selesai semua step, maka jika ada yang berhasil memenangkan step terlebih dahulu maka dijadikan pemenang. Dan yang menang mendapatkan hadiah berupa menyuruh anak-anak menjadi patung atau memberi bedak di bagian wajah yang kalah.
Seru kan GESS ,, hehehe.. tapi sayang ya jaman sekarang jarang ada anak-anak yang memainkan permainan ini karena lebih asik dengan game-game yang ada di HandPhone sekarang ini.



Permainan Tradisional Lompat Tali



Yang kedua ada Permainan lompat tali. Lompat tali ini bisa menggunakan karet atau tali tambang. Tapi yang sering aku pakai untuk bermain lompat tali ini yaitu karet gelang atau karet ban nama lain yang terkenal di daerah ku. Dulu aku rela lho gak jajan disekolah karena uang jajannya aku pake beli karet ini, kalo dulu beli karet 2 ribu rupiah udah dapet satu kresek penuh tuh karetnya, hehe.. Cara membuatnya pun gampang, kita bisa membuat tali sendiri dengan karet, caranya menyambungkan satu persatu karet hingga panjang dan setelah itu diikat ujungnya dan karet tersebut bisa kita gunakan untuk memainkan lompat tali.
Permainan ini bisa dilakukan dua orang hingga lebih dari sepuluh. Ada dua orang yang memegang tali agar tidak putus. Tapi jika tidak ingin memegang tali maka kita bisa mengikatkan tali dengan pohon atau apapun yang bisa untuk memegang tali ataupun karet. Cara bermainnya dimulai dari tali di letakkan paling bawah lalu kita melompat. Jika tidak bisa melompat maka kita harus menunggu giliran terakhir dan mengulang lompatan dari awal. Setelah itu tali diarahkan sampai atas kepala, dan kita harus melompat diatas tali. Yang menang boleh menyuruh yang kalah untuk melakukan apa saja tetapi tidak boleh yang berat dan aneh-aneh ya....




Tidak ada komentar:

Posting Komentar